Picture
Setidaknya ada tiga keterangan tentang muasal nama Surabaya. Keterangan pertama menyebutkan, nama Surabaya awalnya adalah Churabaya, desa tempat menyeberang di tepian Sungai Brantas. Hal itu tercantum dalam prasasti Trowulan I tahun 1358 Masehi. Nama Surabaya juga tercantum dalam Pujasastra Negara Kertagama yang ditulis Mpu Prapanca. Dalam tulisan itu Surabaya (Surabhaya) tercantum dalam pujasastra tentang perjalanan pesiar pada tahun 1365 yang dilakukan Hayam Wuruk, Raja Majapahit.Namun Surabaya sendiri diyakini oleh para ahli telah ada pada tahun-tahun sebelum prasasti-prasasti tersebut dibuat. Seorang peneliti Belanda, GH Von Faber dalam karyanya En Werd Een Stad Geboren (Telah Lahir Sebuah Kota) membuat hipotesis, Surabaya didirikan Raja Kertanegara tahun 1275, sebagai pemukiman baru bagi para prajuritnya yang telah berhasil menumpas pemberontakan Kemuruhan tahun 1270 M.

Versi berikutnya, nama Surabaya berkait erat dengan cerita tentang perkelahian hidup dan mati antara Adipati Jayengrono dan Sawunggaling. Konon, setelah mengalahkan tentara Tartar (Mongol), Raden Wijaya yang merupakan raja pertama Majapahit, mendirikan kraton di Ujung Galuh, sekarang kawasan pelabuhan Tanjung Perak, dan menempatkan Adipati Jayengrono untuk memimpin daerah itu. Lama-lama Jayengrono makin kuat dan mandiri karena menguasai ilmu Buaya, sehingga mengancam kedaulatan Majapahit.

Untuk menaklukkan Jayengrono, diutuslah Sawunggaling yang menguasai ilmu Sura. Adu kesaktian dilakukan di pinggir Sungai Kalimas dekat Paneleh. Perkelahian adu kesaktian itu berlangsung tujuh hari tujuh malam dan berakhir tragis, keduanya meninggal kehabisan tenaga.

Dalam versi lainnya lagi, kata Surabaya muncul dari mitos pertempuran antara ikan Suro (Sura) dan Boyo (Baya atau Buaya), perlambang perjuangan antara darat dan laut. Penggambaran pertarungan itu terdapat dalam monumen suro dan boyo yang ada dekat kebun binatang di Jalan Setail Surabaya

Versi terakhir, dikeluarkan pada tahun 1975, ketika Walikota Subaya Soeparno menetapkan tanggal 31 Mei 1293 sebagai hari jadi Kota Surabaya. Ini berarti pada tahun 2005 Surabaya sudah berusia 712 tahun. Penetapan itu berdasar kesepakatan sekelompok sejarawan yang dibentuk pemerintah kota bahwa nama Surabaya berasal dari kata sura ing bhaya yang berarti keberanian menghadapi bahaya.


 
Picture
Tidak banyak orang yang tau tentang asal nama dari Jakarta. Kota kelahiran saya ini bermula dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung sekitar 500 tahun silam. Selama berabad-abad kota ini berkembang menjadi pusat perdagangan internasional yang ramai. Sejarah Jakarta banyak diketahui melalui prasasti-prasasti milik kerajaan besar seperti Tarumanegara, Sriwijaya maupun K erajaan Sunda. Data dari wikipedia menyebutkan bahwa pada awalnya Sunda Kelapa ( dikenal dengan nama Kalapa ) merupakan salah satu pelabuhan milik Kerajaan Hindu bernama Sunda yang beribu kota di Pakuan Pajajaran ( sekarang Bogor ). Selain pelabuhan Sunda Kelapa, Kerajaan Sunda juga memiliki beberapa pelabuhan lain seperti pelabuhan Banten, Pontang, Cigede, Tamgara dan Cimanuk. Namun demikian Sunda Kelapa dianggap sebagai pelabuhan terpenting karena memiliki waktu tempuh relatif singkat dari ibukota kerajaan serta merupakan pelabuhan lada yang sibuk.

Bangsa Portugis adalah rombongan besar orang-orang Eropa pertama yang datang ke Bandar Kalapa. kemudian kota ini diserang oleh Fatahillah, dari sebuah kerajaan yang letaknya tak jauh dari Kalapa. Kemudian Fatahillah mengubah nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527. Tanggal inilah yang ditetapkan sebagai hari lahir Kota Jakarta. Akhir Abad ke-16 barulah orang-orang Belanda datang dan kemudian menguasai Jayakarta. Tanggal 30 Mei 1619 dibawa pimpinan J.P Coen Belanda berhasil merebut dan menduduki Jayakarta sekaligus mengganti namanya menjadi Batavia – diambil dari nama suku Keltik yang pernah tinggal di wilayah negeri Belanda pada zaman Romawi.

Kegiatan pemerintahan dipusatkan di sebuah lapangan yang terletak sekira 500 meter dari bandar. Kemudian Belanda membangun balai kota, yang merupakan kedudukan pusat pemerintahan kota Batavia. Pertumbuhan yang kian pesat berdampak pada keadaan lilngkungan cepat rusak, sehingga penguasa Belanda memindahkan pusat kegiatan pemerintahan ke kawasan yang lebih tinggi letaknya. Wilayah ini kemudian dinamakan Weltevreden.

Masa pendudukan Jepang (1942-1945), nama Batavia diubah lagi menjadi Jakarta. Pada tahun 1966, Jakarta memperoleh nama resmi Ibukota Republik Indonesia.

Jakarta pun mendapat julukan “Kota 1001 Nama” karena banyaknya perubahan nama. Berikut adalah kronologi singkat perubahan-perubahan nama “Jakarta” :

  • Abad ke-14 bernama Sunda Kelapa sebagai pelabuhan Kerajaan Sunda ( Pajajaran )
  • 22 Juni 1527 oleh Fatahilah, diganti nama menjadi Jayakarta (tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi kota Jakarta keputusan DPR kota sementara No. 6/D/K/1956)
  • 4 Maret 1621 oleh Belanda untuk pertama kali bentuk pemerintah kota bernama Stad Batavia.
  • 1 April 1905 berubah nama menjadi ‘Gemeente Batavia’
  • 8 Januari 1935 berubah nama menjadi Stad Gemeente Batavia
  • 8 Agustus 1942 oleh Jepang diubah namanya menjadi Jakarta Toko Betsu Shi
  • September 1945 pemerintah kota Jakarta diberi nama Pemerintah Nasional Kota Jakarta.
  • 20 Februari 1950 dalam masa Pemerintahan. Pre Federal berubah nama menjadi Stad Gemeente Batavia.
  • 24 Maret 1950 diganti menjadi Kota Praj’a Jakarta.
  • 18 Januari 1958 kedudukan Jakarta sebagai Daerah swatantra dinamakan Kota Praja Djakarta Raya.
  • Tahun 1961 dengan PP No. 2 tahun 1961 jo UU No. 2 PNPS 1961 dibentuk Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya.
  • 31 Agustus 1964 dengan UU No. 10 tahun 1964 dinyatakan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya tetap sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia dengan nama Jakarta.
  • Tahun1999, melalaui uu no 34 tahun 1999 tentang pemerintah provinsi daerah khusus ibukota negara republik Indonesia Jakarta, sebutan pemerintah daerah berubah menjadi pemerintah provinsi dki Jakarta, dengan otoniminya tetap berada ditingkat provinsi dan bukan pada wilyah kota, selain itu wiolyah dki Jakarta dibagi menjadi 6 ( 5 wilayah kotamadya dan satu kabupaten administrative kepulauan seribu)

 
Menjelajahi wisata kuliner di berbagai negara memang merupakan salah satu pengalaman yang sangat mengasyikan. Dengan mengenal wisata kuliner di berbagai negara kita pun  bisa mengenal aneka ragam makanan dan minuman populer yang ada disana. Nah kali ini saya mau mengajak kalian untuk mengenal minuman terkenal disetiap negara sehinga membuat siapapun tak mampu melupakannnya. 

1.Sake, Jepang
Minuman yang berasal dari jepang ini merupakan salah satu minuman yang berbahan dasar air beras yang di fermentasi. Nah minuman ini pun bisa dinikmati disaat panas ataupun dingin. Biasanya disuguhkan dalam sakazuki, minuman ini sangat erat kaitannya dengan upacara adat Jepang dan keningratan. 

2.Soju, Korea Selatan
Hampir sama dengan sake, Soju merupakan minuman yang terbuat dari air beras difermentasi dan mengandung alkohol kurang dari 35 %. Minuman ini biasanya disughkan beramai-ramai. Kebiasaan meminun soju pun bisa dibilang sangat erat kaitanya dengan kekerabatan masyarakat Korea. Sehingga untuk mengisi gelas soju harus orang lain yang menuangkannya.

3.Mojito, Kuba 
Minuman ini terbuat dari Rum, daun mint, air berkarbonat, serta jus manis kalengan. Namun seiring perkembangan jaman kehadiran Mojito pun semakin dimodifikasi dengan menggunakan penambahan buah-buahan seperti blueberry, raspberry, delima dan peach. Mojitu  merupakan salah satu minuman yang cukup terkenal di Amerika.

4.Pisco Sour, Peru  dan Chile
Minuman ini merupakan salah satu minuman keras yang mengandung alkohol cukup tinggi. Pisco Sour dikombinasi denga brandy, sirup, jus lemon serta putih telur.  Biasanya disajikan dalam gelas anggur model dulu.

 5.Caipirinha, Brazil
Caipirinha adalah minuman yang terbuat dari kombinasi bahan-bahan  sejenis rum, gula dan limau. Minuman ini pun biasanya disajikan dengan meggunakan gelas model dulu  rasanya pun sangat nikmat bila disajikan bersama es batu.
 
1.The Eye
Film horror yang disutradarai oleh Peng bersaudara, Oksai Peng Chun dan Dhani Peng, The Eye. Bercerita tentang seorang cewek buta yang mendapat donor mata dan dengan mata barunya ia bisa jadi melihat hantu. The Eye termasuk film yang paling jadi bahan omongan. Semua yang sudah menonton sependapat kalau film ini sangat menyeramkan.The Eye itu sukses meraih banyak penghargaan di Hongkong dan Asia Tenggara. Ikhwal tersebutlah maka sineas Hollywood kembali mengangkat tema film bergenre horror ini ke layar lebar. Kisah berawal dari Sidney yang diperankan oleh Jesicca Alba itu melakukanoperasi mata, namun kebahagiaan Sidney tak berlangsung lama karena ia mulai dihantui oleh penampakan yang menyeramkan. Saat keluarga Sidney mulai meragukan kewarasannya, ia mulai mengetahui bahwa penampakan tersebut berasal dari mata yang telah didonorkan kepadanya.

2.Ju On
Sebuah rumah yang terlihat biasa-biasa saja ternyata menyimpan sesuatu yang luar biasa jahat. Sesuatu yang siapa saja yang memasuki atau setidaknya memiliki hubungan dengan rumah ini, akan terkena terror dari seorang hantu wanita yang bernama Kayako yang harus mati secara mengenaskan di tangan suainya sendiri. Tak hanya Kayako yang menjadi kebiadaban sang suami, namun sang anak Tosio pun harus tewas di tangan ayah kandungnya sendiri. Sukses dengan film pertamanya, sebuah kisah lanjutan Ju-on disini diceritakan tentang korban-korban selanjutnya dari Kayako yang berani menempati rumah tersebut. Satu per satu pun mereka semua menemui ajalnya dengan cara yang mengenaskan. Seri keduanya ini dijelaskan sedikit asal-usul dari Kayako.

3.4BIA
Empat sutradara muda Thailand bergabung membuat film horror hasilnya adalah 4BIA. Tanpa hantu konyol dan drama berkepanjangan film pendek ini sukses membuat penonton bioskop menjerit-jerit. Film pertama berjudul Happynes, bercerita tentang gadis pengangguran yang berkenalan dengan pria misterius lewat pesan singkat ditelfon genggam. Film kedua berjudul ….berkisah tentang balas dendam seorang anak yang menjadi korban penindasan. Sedangkan film ketiga berjudul In The Middle ,menceritakan empat pemuda yang pergi berkemah di hutan lalu mendapat kecelakaan saat berperahu. Dan film terakhir berjudul The True Last Flight, mengisahkan tentang seorang pramugari yang terbang sendirian bersama mayat seorang putrid kerajaan. Di Negara asalnya Thailand film ini menduduki peringkat tertinggi dari tingkat pendapatan mengalahkan film Hollywood Iron Man dan Indiana Jones and The Kingdom of Crystal Could dikarenakan keberhasilan sebuah film adalah pada kekuatan konsep bukan pada panjang pendeknya durasi film.

4.One Missed Call
One Missed Call adalah sebuah film besutan dari sutradar ternama Jepang Takashi Mike. Apa jadinya bila anda mendapatkan telfon dari dirimu sendiri di masa depan dan yang mengerikan adalah dirimu kemudian akan mengalami kematian di masa depan itu. Di masa depan itulah anda akan terbunuh dengan cara sadis oleh sebuah sosok yang tidak dikenal. Satu per satu dari mereka mendapatkan sebuah telfon dan voice message. Ketika saatnya tiba semua akan menemui ajal mereka dengan cara yang mengerikan. Yumi menjadi penasaran mengenai hal ini.Ia mulai mencari misteri di balik kutukan itu. Yumi menemukan kalau kutukan itu menyebar melalui satu seluler ke seluler lainnya. Ketika seorang mati telefon selulernya akan menelefon salah satu nomor dalam phone booknya untuk meneruskan kutukan itu kepada orang lainnya.

5.Alone
 
Sake 酒

Sake (酒; diucapkan "sɑ.kɛ" "SA-KE") adalah sebuah minuman beralkohol dari Jepang yang berasal dari hasil fermentasi beras. Sering juga disebut dengan istilah anggur beras.

Penjabaran tertulis tentang proses pembuatan sake tercantum dalam buku pertama sekitar tahun 700 setelah Masehi.
Di Jepang, kata "sake" berarti "minuman beralkohol". Di beberapa wilayah regional dapat memiliki arti yang lain. Di Kyushu Selatan, sake berarti minuman yang disuling. Di Okinawa, sake merujuk ke shōchu yang terbuat dari tebu.

Sake memiliki aroma yang mirip dengan tape beras.Sake dan Budaya JepangSejak zaman dahulu, orang-orang telah membuat alkohol dan menikmatinya sebagai bagian dari budaya mereka. Dalam banyak bagian di dunia, alkohol mendapatkan tempat sebagai sesuatu yang dihargai dan telah diromantisasi menjadi sesuatu yang ideal. Orang-orang Jepang pastinya tidak terkecuali. Berabad-abad yang lalu, mereka mulai mencampurkan makanan utama mereka, beras, dengan air murni dan mikroorganisme koji untuk membuat Nihon-shu (Sake jepang), dengan mahir memanfaatkan kondisi alam dan lingkungan setempat untuk menciptakan sebuah minuman yang unik.

Lautan memisahkan kepulauan Jepang dari benua Asia, dan hal ini terbukti menguntungkan untuk pembuatan sake karena orang-orang di Negeri Matahari Terbit, yang terletak di sebelah timur dari sebagian besar benua Asia Timur, mengembangkan minuman spesial mereka sendiri. Pemisahannya secara geografis dilengkapi juga dengan pengasingan politik, ekonomi dan budaya selama berabad-abad, sampai modernisasi dimulai sekitar pertengahan tahun 1800-an. Sake adalah minuman beralkohol yang didesain untuk selera orang Jepang oleh para ahli yang bebas dari pengaruhnya budaya lainnya. 
 
Setiap hal di Dunia ini, Pasti menjadi sesuatu yang beharga bagi sebagian Orang namun juga menjadi sampah bagi sebagian orang lainnya. Hal yang sama dapat terjadi jika menceritakan tentang makanan. Dari lidah sapi dan moncong babi ke kaki ayam, dari cacing goreng dan kaki katak untuk siput tumis, inilah daftar hal-hal aneh yang kita makan tidak ada habisnya (dan sering cukup enak). Jika Anda telah memanjakan lidah anda akhir-akhir ini dan perlu alasan untuk diet, silahkan baca artikel ini, Anda mungkin hanya kehilangan nafsu makan. Berikut adalah daftar sepuluh makanan teraneh dari seluruh negara di Dunia.

1. Balut
Balut tampaknya pasti selalu ada di setiap daftar “makanan aneh”, biasanya di bagian atas, dan dengan alasan yang cukup. Meskipun tidak lagi hidup, bebek dibuahi atau telur ayamtelur bebek atau telur ayam dengan embrio yang hampir sudah terbentuk sempurna direbus dan dimakan itulah yang menyebabkan makanan ini selalu menjadi salah satu makanan teraneh di dunia. Balut adalah sangat umum di Filipina, Kamboja dan Vietnam dan biasanya dijual oleh PKL. Dikatakan rasa Balut seperti telur dan bebek (atau ayam). Makanan ini sering mengejutkan bagi banyak orang yang baru mendengar namanya.

2. Sannakji

Makanan laut mentah sudah tak asing lagi di seluruh dunia. Namun, dibandingkan dengan sashimi dan sushi, sannakji memberi petualangan makan yang berbeda. Makanan ini berupa bayi gurita hidup yang diiris dan dibumbui dengan minyak dan taburan wijen.

3. Casu Marzu

Menu asal kota Sardinia di Italia berupa keju yang merupakan rumah bagi larva hidup serangga. Larva sengaja ditambahkan untuk proses fermentasi yang mendekati titik dekomposisi, titik lemak keju telah rusak.

Seringkali saat menyantap Casu Marzu, seekor cacing kecil menembus lapisan keju atau melompat hingga puluhan sentimeter di atas meja. Sehingga, banyak yang memilih menyingkirkan serangga sebelum menikmati keju dengan rasa pedas tersebut.
4. Fugu

Dalam bahasa Jepang, Fugu berarti ikan buntal beracun dengan kandungan tetrodotoxin yang mematikan. Hanya koki khusus dengan pengalaman dua-tiga tahun serta melewati tes resmi yang diizinkan mengolah ikan Fugu. Beberapa koki memilih membuang racun yang menimbulkan sensasi 'setrum' pada lidah dan bibir.
5. Hakarl

Anthony Bourdain, pelancong makanan teraneh di dunia mengklaim hakarl, makanan asal Islandia salah satu menu paling menjijikkan di muka bumi. Hakarl dibuat dari perut hiu Baskin Greenland yang difermentasi selama dua hingga empat bulan. Hakarl tersedia di toko makanan di Islandia memiliki bau tajam amoniak. Selama penyajiannya, hakarl dipotong kecil-kecil dengan tusuk gigi.
 
Ada beberapa bahan makanan mewah yang harganya sangat tinggi dan mungkin akan sulit kamu dapatkan. Atau mungkin kamu belum pernah melihat makanan termahal yang pernah ada. Walaupun terkadang tidak masuk akal, makanan mewah dibawah ini merupakan makanan yang layak menyandang sebagai makanan mahal bukan karena cita rasanya yang enak, namun juga bahan – bahan makanan yang sulit didapatkan. Dalam atikel ini ada beberapa bahan makanan yang harganya berubah ubah sesuai musim. Simak kesepuluh bahan makanan mewah yang bernilai tinggi pada daftar berikut.

1. Beluga Caviar

Beluga Caviar adalah salah sati bahan makanan termahal yang dapat kamu temukan dengan kisaran harga USD5000 atau sekitar Rp. 50.000.000; per kilogram. Caviar adalah telur dari ikan Beluga Sturgeon yang biasa ditemukan di laut Kaspia. Seekor ikan Beluga membutuhkan waktu hingga 20 tahun untuk menjadi dewasa dan dapat menghasilkan telur. Seekor Beluga dewasa beratnya bias mencapai 2 ton. Sangat besar bukan?

Telur-telur dari ikan Beluga Sturgeon ini adalah telur-telur terbesar yang dijadikan sebagai caviar. Pada umumnya, warna telur Beluga adalah ungu hingga kehitaman. Warna Menentukan harga dari caviar. Telur yang berwarna pucatlah yang berharga paling mahal. Jangan berharap untuk mendapatkan caviar dalam porsi besar karena makanan ini harganya sangat mahal. Tertarik untuk mencobanya?

2. Saffron

Saffron adalah bahan makanan kedua yang bernilai tinggi. Harga dari Saffron dapat berubah ubah sesuai musim. Biasanya saffron dijual per-pound dengan harga USD2000 atau sekitar Rp.20.000.000;. Saffron dihargai sangat mahal karena bahan makanan yang biasanya digunakan sebagai bumbu ini sangat sulit untuk didapatkan. Warna dari saffron adalah kuning cerah dengan aroma seperti aroma jerami. Jangan tertipu dengan aromanya karena bahan makanan ini banyak digunakan untuk membumbui berbagai makanan mewah.

3. Truffle Putih

Pernah mendengar tentang truffle putih? Jika kamu tidak pernah tahu seperti apa truffle itu, kamu pasti tahu bagaimana bentuk jamur. Truffle memiliki betuk yang sangat mirip dengan jamur. Bedanya adalah bau dari truffle yang sangat khas seperti bau dari kacang kenari goreng. Uniknya, tidak semua orang dapat membedakan bau dari white truffle dan bau dari jamur biasa.

4. Daging Sapi Kobe

Kamu pasti sering makan daging. Tapi apakah kamu tahu tentang daging yang termahal di dunia? Daging sapi termahal di dunia adalah daging sapi Kobe. Kobe adalah kota di Jepang yang menghasilkan daging sapi berkualitas tinggi. Apa yang membedakan daging sapi ini dengan daging sapi yang biasa? Kamu pasti tercengan karena sapi sapi Kobe Selalu mendapatkan perawatan khusus. Sapi sapi kobe selalu dipijat dengan teratur agar bisa menghasilkan daging yang lembut dan lemaknya merata. Harga dari daging sapi Kobe mencapai USD300 untuk tiap setengah kilogram atau sekitar Rp.3.000.000 Coba dan rasakan sendiri sensasi dari daging sapi Kobe yang lembut.

5. Sarang Burung

Bahan makanan kelima ini sangat tidak asing bagi orang Indonesia meskipun tidak semua orang mau memakannya. Sarang burung merupakan salah satu bahan makanan termahal yang juga dilirik oleh banyak orang untuk dijadikan lahan bisnis. Biasanya sarang burung dibuat sup atau pemanis dalam sajian makanan. Tapi, kamu mungkin menemukan lebih banyak orang membuat sup dengan bahan sarang burung.
 
Meskipun pencemaran lingkungan merupakan ancaman konstan Bumi, sebenarnya, masih banyak yang baik, ada beberapa tempat-tempat bersih di planet ini. Sayangnya hanya satu kota yang masuk kategori terbersih yang berasal dari Asia Tenggara. Sebenarnya saya ingin Indonesia masuk salah satunya. Mari kita lihat di atas kota terbersih di seluruh dunia:Kota Terbersih 1 Amsterdam
Kote Terbersih-2 Chicago
Kota Terbersih-3 Curitiba
 
1. Gaziantep, Turki (3650 SM)

Kota yang dulunya dikenal dengan nama Antep yang sekarang menjadi ibukota provisi yang sama dengan namanya, Giazantep ini adalah kota tertua yang masih tegak berdiri. Kota ini memiliki sejarah sejauh zaman orang Het (Hittite). Kota ini terus menerus di tinggali semenjak zaman Paleolithic, dan tumbuh besar bersama dengan kekaisaran Ottoman.

Hari ini, Giazantep adalah kota yang ramah, dan seru dengan berbagai masjid, madrasah, penginapan bahkan pemandian yang berasal dari beberapa abad lalu. Rumah rumah tua dari batu selalu memiliki taman dan pohon anggur yang menghiasi, sehingga setiap anda menoleh, anda akan mendapat pemandangan terindah di dunia.
2. Yerusalem (3000 SM)

Kota suci bagi tiga agama terbesar dunia, Islam, Nasrani, dan Yahudi, kota ini adalah tempat di mana nilai kuno digabungkan dengan berbagai budaya baru yang membawa suasana metropolis baru.

Kota ini terbagi menjadi tiga bagian: Yerusalem Barat, bagian yang paling cepat berkembang dan menjadi pusat perdagangan. Yerusalem Timur, yang menjadi tempat permukiman populasi Arab, dan Kota Tua, dengan pemandangan yang luar biasa indah.
3. Kirkuk, Irak (3000 SM)

Dengan berbagai bekas arkeologi yang berusia lebih dari 50 abad, Kirkuk adalah kota paling penting bagi orang Kurdi. Kota ini sekaligus menjadi pusat industri minyak Irak. Mungkin memang bukan tujuan yang paling banyak mendapat perhatian turis, tapi Kirkuk berdiri di bekas pusat kebudayaan kuno Asiria.

Kota ini pernah menjadi tempat pertempuran tiga Kekaisaran besar: Asiria, Babilonia dan Media, yang saling bergantian mengambil alih kuasa atas kota ini. Di kota ini terdapat makam Nabi Daniel (Kristen) dan Pasar Al Qaysareyah. Qal’at Jarmo dan Yorgan Tepe yang berada di pinggiran kota ini akan memberikan anda pengalaman hidup di masa lalu.
4. Zurich, Switzerland (3000 SM)

Sebagai kota terbesar di Swiss dan sekaligus kita tertua di Eropa, Zurich pertama kali didirikan di zaman Romawi dengan nama Turicum. Jejak masa lalu ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Kota Tua Zurich.
Jalanan sempit yang dipenuhi dengan kafe, toko barang antik dan butik. Bahnhofstrasse, adalah salah satu jalanan yang dipenuhi toko-toko paling indah di Eropa.
Grossmünster dan Fraumünster adalah dua gereja tua yang penuh dengan interior indah. Swiss National Museum atau Kunsthaus, juga adalah salah satu musium paling terkenal di dunia. Anda pasti akan tahu betapa kota ini menawarkan semua hal terbaik dalam kehidupan anda di dunia.
5. Konya, Turki (2600 SM)

Kota ini diapit oleh dua laut, Laut Tengah dan Laut Hitam, dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Kota yang di dirikan di atas padang rumput Anatolia ini adalah salah satu kota yang paling menarik di Turki.

Salah satu museum paling populer di kota ini adalah Green Mausoleum of Mevlana Celaleddin Rumi, makam penyair Turki terkemuka. Berbagai musium indah menanti kunjungan anda di kota ini, antara lain adalah Chaeological Museum, Koyunoglu Museum dan Ethnographical Museum.
 
Sepuluh Kota Terindah di Indonesia

Sepuluh kota terindah di Indonesia adalah manifestasi bagi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki ratusan kota yang indah dan menarik. Dari ratusan kota indah tersebut, tersaring sepuluh kota terindah di Indonesia yang tentunya menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkehendak mengunjungi Indonesia dan kota - kota indah berikut ini.

1. BUKITTINGGI
Inilah dia Kota Terindah di Indonesia. Kenapa demikian? Kota kecil yang padat dan tertata dengan baik dan apik ini memiliki kompleksitas yang tidak dimiliki kota manapun di Indonesia.

Kota Bukittinggi adalah Kota yang terkenal dengan slogan kota wisata juga memiliki kualitas pendidikan terbaik di pulau Sumatera. Pemandangan alam yang menakjubkan diapit oleh dua gunung sebagai latar, dan jurang bernama Ngarai Sianok yang konon merupakan ngarai terindah kedua setelah Grand Canyon di Colorado Amerika Serikat. Di Kota Bukittinggi kultur dan adat minang yang unik terjaga dengan baik.

Dengan berjalan kaki, udara Bukittinggi yang dingin akan membuat anda betah untuk berlama lama di kota yang pernah menjadi Ibukota negara Indonesia pada PDRI ini. Di Bukittinggi terdapat istana Presiden Tri Arga, Perpustakaan terbesar di Indonesia dan tentunya Land Mark Jam Gadang yang sudah kesohor hingga ke mancanegara. Di kota ini pula hotel hotel bertebaran dimana mana, mulai dari hotel berbintang hingga kelas melati.

Kota Bukittinggi juga sering dijadikan sebagai tempat pertemuan dan convensi Pemerintah RI dengan pemrintah luar. Kota menakjubkan di jantung Sumatera Barat anda akan mudah menemui bule - bule berjalan kaki menikmati kota yang sangat indah dan lovable ini. Diperkirakan banyak kalangan bahwa kota ini akan menjadi pusat kunjungan turis utama di Asia Tenggara.

2. YOGYAKARTA
Kota budaya ini menempati uratan ke - 2 sebagai kota paling indah dan paling ingin dikunjungi di Indonesia. Kultur Budaya yang unik, seni dan adat yang terjaga dan pusat pernak pernik kerajinan tangan yang dicintai para turis ada di kota ini. Kota Pelajar ini juga indah dari segi pemandangan alamnya. View Parangtritis kemudian posisi yang relatif dekat dengan Prambanan dan Borobudur membuat kota ini ramai dikunjungi wisatawan.

3. MANADO
Kota yang pemandangan lautnya menakjubkan ini semakin tumbuh pesat. Keindahan alam bawah laut adalah keunggulan kota di Sulawesi Utara ini dengan taman laut Bunaken kota ini semakin menjadi menarik untuk di kunjungi. Posisi Kota Tomohon yang berdekatan membuat Manado semakin menarik lagi karena Tomohon saat ini mendeklarasikan sebagai Kota Bunga.

4. JAYAPURA
Dan kota yang satu ini memang indah. Coba lihat saja pemandangan kota paling timur di Republik ini. Sayang pembangunannya masih kurang berjalan merata di provinsi yang unik dan kaya akan sumber daya alam ini ini.

5. JAKARTA
Ibu kota Republik Indonesia ini merupakan salah satu kota paling padat di dunia dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai 11 juta lebih. Kabar bahagianya Kota metropolitan yang konon katanya sebagai salah satu kota paling kotor di Asia saat ini jauh menanjak menjadi Kota Terbersih ke - 3 di Asia. Hebat bukan? Kota ini memiliki pemandangan pencakar langit yang menakjubkan. Selain kepulauan seribu yang cantik, pemandangan metropolitan merupakan kelebihan Jakarta yang tidak dimiliki kota lainnya di Indonesia.

6. DENPASAR
Kota ini sudah sepantasnya sebenarnya mendapatkan posisi sebagai kota terindah nomor 5. Kota yang terletak yang konon katanya sebagai pulau surga dunia ini memiliki kekayaan kultur yang unik, dengan masyarakat yang ramah dan tentunya pemandangan alamnya yang menakjubkan. Namun sayang, objek wisata kenamaan di Bali banyak yang berada di luar kota Denpasar. Makanya kota Denpasar tidak masuk ke dalam 3 besar kota terindah di Indonesia.

7. PADANG
Kota yang terkenal dengan legenda Batu Si Malin Kundang ini sudah sepantasnya mendapatkan anugerah sebagai kota terindah ke - 8 di Indonesia. Ibukota Provinsi Sumatera Barat ini memiliki Pantai yang Indah. Bahkan Pulau Sikuai yang secara administratif adalah bagian dari Kota Padang di sebut sebagai Pulau Terindah di Indonesia mengalahkan indahnya pulau Bali. Hal ini dikarenakan Pulau yang masih virgin bersih dan di cita rasanya. selain itu di kota Padang anda juga bisa menikmati wisata kota tua. Padang memang indah.

8. MAKASSAR
Pantai Losari mejadi icon kota yang terletak di selat Ujung Pandang ini. Kota yang memiliki pertumbuhan signifikan di Indonesia bagian tengah ini memang pantas disebut sebagai salah satu kota paling indah di Indonesia. Ditambah dengan sarana International Airport yang mewah, kota ini menjadi pusat tujuan wisata yang bagus.

9. MATARAM
Kota ini memang indah,terletak di Pulau Lombok yang terkenal akan pemandangan alam dan lautnya menempatkan Mataram sebagai kota terindah ke-7 di Indonesia. Bahkan saat ini Lombok adalah pulau yang akan menyaingi Bali dari segi kunjungan wisatawan asing. Senggigi Beach adalah pantai yang harus di kunjungi di Mataram.

10. AMBON
Kota yang menjadi pusat pemerintahan Provinsi Maluku ini memang salah satu kota yang paling indah di timur jauh Indonesia. Ambon Manise! Kota yang terletak di tepi garis pantai teluk Ambon ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan perbukitan yang menakjubkan.